Saturday, 12 July 2014

Wisata Kuliner Jakarta bersama Spesial di bulan Ramadhan

Halo teman-teman semua, pembaca setia, apa kabar? Mudah-mudahan kalian semua sehat :D Selamat berpuasa bagi umat Islam yang berpuasa yaah... Senang rasanya Saya bisa mulai menulis lagi... untuk diri sendiri dan untuk BBlog Eat and Travel juga, hehehe... Kali ini Saya ingin mengajak kalian dalam suatu petualangan kuliner menarik yang Saya alami selama minggu-minggu pertama di bulan puasa tahun 2014 ini...

Karena tema kali ini sangat menarik, yaitu mengenai wisata kuliner Jakarta, dan Saya suka sekali petualangan kuliner :D dan BBlog juga sudah menyiapkan hadiah kejutan bagi petualang kuliner dengan cerita yang paling menarik. Berkat event BBlog Eat and Travel with BBlog, Saya dapat menulis apa yang Saya sukai dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah juga dari BBlog untuk tulisan dengan cerita yang paling menarik dan dibaca oleh banyak orang. Jadi tunggu apalagi, ikutlah bergabung bersama Kami di BBlog. Tuangkan tulisan blog Anda semenarik mungkin dan menangkan hadiah-hadiahnya!

Semoga kalian semua dapat menikmati tulisan Saya ini yaahh ;) Lanjuut gaan... :P


Beberapa waktu yang lalu, Saya dan dua orang teman Saya merencanakan untuk berkumpul dan berbuka puasa bersama. Dua teman Saya ini kebetulan merupakan Sahabat baik Saya semenjak Kami masih berada di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satunya bahkan bisa dibilang sudah kenal dari kecil, tepatnya Kami sudah kenal dan berteman semenjak di bangku Taman Kanak-kanak (TK). Daerah tempat Kami tinggal pun bisa dikatakan tidak terlalu jauh juga satu sama lain, masih dalam satu kecamatan, hehehe... Kalau mau diceritakan bisa jadi satu cerita sendiri untuk yang ini, mungkin di lain kesempatan Saya bisa menceritakan dengan lengkap, namun untuk saat ini mari Kita kembali ke topik kita, wisata kuliner Jakarta Ramadhan...

Melanjutkan cerita, kemudian Kami-pun saling berkomunikasi dan bertukar pendapat mengenai lokasi yang nyaman agar Kami dapat berbuka puasa bersama.

Satu sahabat-ku bilang, di H*n*m*s* saja, mereka menyediakan menu "ALL YOU CAN EAT" (Makan Sepuasnya tanpa tambahan biaya) jadi kita bisa berbuka puasa sampai puas. Mohon dimaklumi, jiwa teman Saya yang satu ini masih jiwa anak kuliahan, masa pertumbuhan, porsi makan-nya juga bisa dibilang porsi "kuli", yang biasanya lapar sekali sehabis bekerja keras di lapangan... :D

Kemudian sahabat-ku yang lain bilang, jangan! di P*ng-P*ng Lounge saja, disitu Kita bisa ngabeuburit kalau kata orang Sunda mah, bersantai sambil main ping-pong sambil menunggu adzan Maghrib, dan di tempat tersebut disediakan pula TV Plasma layar besar agar pengunjung bisa NoBar (Nonton Bareng) Sepakbola Dunia atau biasa disebut World Cup, yang di tahun 2014 ini kebetulan bulan Ramadhan bertepatan dengan dilaksanakannya ajang Piala Dunia, jadi demam NoBar terjangkit dimana-mana deh, hehe... Tapi sampai bisa keluar ide buka bersama di tempat tersebut pun bukan-lah suatu kebetulan, karena sahabat Saya yang sudah mengusulkan tempat tersebut, seperti yang sudah Anda duga, adalah seorang penggila bola! :D Memang sudah modus dia ingin nonton bareng, buka puasanya mah biasa saja, yang penting Bola-nya, hehehe... :P

Kemudian giliran Saya mengusulkan tempat bukber-nya. Bagaimana kalau kita bukber-nya di daerah Kemang saja, kan banyak tempat makan yang enak-enak tuh, banyak wanita karir yang cantik-cantik lagi...biasanya (catatan: Saya masih Jomblo, hehehe...)

Gubrak!

Jadi dari ketiga orang sahabat ini, ide-idenya tidak ada yang berdasarkan pada tujuan utama-nya yaitu berbuka puasa bersama? hehehe... Yang satu sudah seperti mengidap busung lapar, yang satu lagi demam sepakbola dunia, dan Saya sendiri sebenarnya yang mengusulkan tempat yang paling masuk di-akal (*ngeles) :P

Akhirnya Kami-pun sepakat untuk serius berbuka kali ini, hehehe... serius tapi santai, kalau tadi terlalu santai :P

Setelah lama berbincang, berdiskusi, akhirnya Kami bertiga sepakat bahwa di bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah ini, sebaiknya Kita tidak menyia-nyiakan-nya dengan sesuatu yang berlebihan dalam acara berbuka puasa bersama kali ini. Jadi tidak ada ALL YOU CAN EAT! hahaha, salah satu penonton-pun kelihatan sedikit kecewa. NoBar-pun sepertinya tidak memungkinkan juga, karena World Cup tahun ini diselenggarakan di Brazil, Amerika Selatan, sehingga jam tayang langsung World Cup 2014 kali ini cenderung jatuh dikisaran waktu antara jam 11 Malam hari sampai Dini hari.

Dan berdasarkan pertimbangan itu... eng ing eeeng... akhirnya Kami pun memutuskan untuk berbuka puasa di warung atau kedai es krim yang belum beberapa lama ini dibuka... lokasi-nya berada di daerah Kemang.

Kemudian tibalah saatnya, sesampainya di warung es krim tersebut, kesan pertama yang Kami dapatkan adalah Lokasi-nya cukup menarik, terletak dipojokkan Jalan Taman Kemang, jalan kecil disebelah kiri Grand Kemang, cukup menyempil dipojokkan jalan, dibawah tangga, jadi Anda harus cermat untuk mencari tempat ini untuk pertama kali, karena tulisan atau plang logo warung es krim itu-pun terlihat sedikit redup, berwarna hitam dan biru, jadi cukup sulit menemukannya.

Wisata Kuliner Jakarta Cheesy Cake Strawberry Ice Cream

Sekitar jam 5:20 Kami sudah sampai di warung es krim tersebut. Dan setelah mendapatkan tempat duduk yang pas, Kami pun segera melihat menu yang ada... Menunya, tidak lain dan tidak bukan ya tentu saja es krim. Cocok untuk berbuka puasa, berbukalah dengan yang manis-manis ;), dan tempatnya-pun cukup enak apalagi untuk tiga orang sahabat yang ingin berbuka puasa bersama. Tidak terlalu luas, namun juga tidak terlalu sempit, bahkan dengan model peletakkan bangku dan meja di kedai es krim tersebut, Kami pikir masih bisa untuk grup 5 orang atau tambah 2 orang lagi yang ingin bukber bersama Kami, dan itu-pun tanpa mengurangi tingkat kenyamanan Kami sebagai pengunjung.

Wisata Kuliner Jakarta Cookie Cream dan Chocolate Ice Cream

Warung es krim ini tidak lain dan tidak bukan adalah warung es krim nitrogen yang baru beberapa waktu yang lalu resmi dibuka. Warung es krim ini-pun sempat masuk dalam acara H*tamP*tih yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta yang cukup terkenal di Jakarta. Warung es krim yang dinamakan Lin Artisan Ice Cream ini, sesuai dengan namanya LIN, LN2, atau LN yang merupakan singkatan dari Liquid Nitrogen menggunakan liquid nitrogen dalam proses pembuatan es krim-nya.

Wisata Kuliner Jakarta Es Krim Nitrogen

Warung es krim Lin ini juga mengusung konsep open kitchen, dimana pengunjung dapat menyaksikan sendiri bagaimana proses pembuatan es krim pesanan mereka diracik dibalik bilik kaca transparan. Karyawan-karyawan yang bertugas membuat es krim-pun terlihat cukup sibuk dengan tugas-nya masing-masing, walaupun banyak pengunjung yang berlalulalang dan memperhatikan gerak-geriknya, mereka tetap fokus pada tugas masing-masing, yaitu meracik es krim pesanan Anda :D.

Wisata Kuliner Jakarta Tabung Liquid Nitrogen

Terlihat beberapa tabung liquid nitrogen berukuran cukup besar, sekitar 120cmx30cm berjejer disisi kanan dapur. Sebagian sedang disambungkan ke alat pembuat es krim dan sebagian merupakan tabung-tabung cadangan liquid nitrogen.

Alat pembuat es krim-nya pun ternyata terlihat cukup sederhana, bentuknya menyerupai mixer besar, lengkap dengan gagang pengocok dan baskom stainless steel untuk wadah es krim itu sendiri.

Wisata Kuliner Jakarta Lin Ice Cream Student Promo

Adapun adonan es krim tersebut ketika dimasukkan kedalam wadah masih dalam bentuk adonan cair, yang kemungkinan terbuat dari campuran susu, gula, dan berbagai jenis perasa tambahan yang dimasukkan sesuai dengan pesanan es krim yang Anda inginkan, seperti strawberry, chocolate, cheesecake, maupun ricecrackers.

Namun diantara semua itu, yang terlihat menarik perhatian adalah keran semprotan liquid nitrogen yang jika diperhatikan dengan seksama, tersambung ke salah satu tabung yang ada disisi kanan dapur tadi. Keran tersebut berfungsi untuk menyemburkan sejumlah liquid nitrogen kedalam adonan es krim yang sudah dimasukkan ke adonan es krim dalam wadah stainless steel tadi. Yang paling penting adalah, uap yang dihasilkan oleh liquid nitrogen saat proses peracikan sudah benar-benar hilang, sehingga es krim dapat dikonsumsi dengan aman ;D.



Wisata Kuliner Jakarta Proses Pembuatan Es Krim Nitrogen
Dan dikarenakan sifat pembekuan liquid nitrogen yang bisa dibilang instan beku dengan suhu -196o Celcius, karyawan-karyawan Lin Artisan Ice Cream diharuskan mengenakan kacamata pelindung dan sarung tangan, dan baju yang lebih tebal bahannya. Karena jika secara tidak sengaja atau mungkin terjadi kesalahan ataupun kecelakaan dalam pengoperasian keran penyembur liquid nitrogen, jika terkena langsung pada tubuh manusia, hal ini dapat berakibat fatal, dan dapat membakar kulit atau mengakibatkan frostbite. Seram juga yah, hehe... tapi tidak perlu khawatir, karena penanganan liquid nitrogen selalu dilakukan dalam pengawasan yang ketat, dan karyawan-karyawan tersebut tentu saja sudah melalui pelatihan ketat sebelum mulai bertugas sebagai pembuat es krim nitrogen yang handal.

Setelah menunggu beberapa menit, es krim pesanan Kami-pun jadi. Fresh from the Frozen Kitchen, hehehe... Ada yang memesan es krim coklat, ada juga yang memesan es krim straberry, sedangkan Saya sendiri memesan es krim rasa kue keju atau nama kerennya Cheese Cake Ice Cream... Namun karena waktu masih menunjukkan pukul 5:45 Kami pun tidak bisa segera menikmatinya, walaupun sebenarnya air liur sudah seperti mau menetes, hehe... Waktu bedug adzan maghrib waktu itu sekitar pukul 5:52 jadi Kami harus bertahan menahan godaan es krim sekitar 7 menit lagi... waaahh godaan di bulan Puasa itu memang dahsyat yah :D.

Alhamdulillah, akhirnya terdengar suara radio yang berbunyi "...sebentar lagi memasuki waktu adzan Maghrib untuk daerah Jakarta dan sekitarnya... tek tek terek tek tek... dong dong dong". Setelah membaca doa berbuka puasa, Kami pun segera mengambil es krim masing-masing dan menikmatinya, yum yum yum... es krim nitrogen itu ternyata lembut sekali tekstur-nya... dan sepertinya karena dibuat dari bahan-bahan yang alami tanpa bahan kimia apapun, es krim ini jadi terasa lebih segar dan tentu saja sehat untuk tubuh kita... asal jangan makan terlalu banyak saja, nanti jadi ga sehat untuk kantong juga, hehehe...

Lin Artisan Ice cream mematok harga dikisaran antara Rp 35.000 - 80.000 kalau Saya tidak salah ingat ;)

Setelah puas melepas dahaga setelah berpuasa seharian, Kami kemudian melanjutkan perjalanan, waktu menunjukkan pukul 6:15, jadi kami memutuskan untuk mencari masjid untuk solat Maghrib berjamaah. Kebetulan salah seorang dari Kami ada yang berpengalaman solat di suatu tempat dan menurut dia tempat tersebut cukup nyaman. Waktu sudah cukup mepet juga, jadi Kami mencoba untuk segera mengikuti saran-nya...

Dan ternyata tempat yang dimaksud adalah Ganc*t Mall, di jalan Iskandar Muda, Jakarta Selatan... pertimbangannya karena, selain ada masjid di dalam mall, Kami bertiga yang hanya baru berbuka satu cup es krim bisa melanjutkan dengan makan malam bersama di dalam mall. Hmmm, ide-nya cukup bagus juga ternyata yah, hehehe...

Akhirnya, kami masuk ke dalam mall, mencari parkiran, dan segera dipandu ke lantai 4 parkiran dimana terletak masjid mall tersebut. Masjid mall ini ternyata tidak seperti yang Saya bayangkan, tempatnya cukup luas, dan seperti fasilitas mall, di dalam masjid-pun dilengkapi dengan air conditioning, sehingga pengunjung yang berada di dalam tidak kegerahan... Waah ternyata enak juga om, saya berkata kepada teman Saya. Hehe, gue bilang juga apa! balas teman saya. Waktu sudah menunjukkan 6:45 dan Kami pun segera wudhu dan melakukan solat Maghrib, karena sebentar lagi sudah mau masuk waktu solat Isya.

Setelah solat Maghrib selesai, beberapa menit kemudian pengurus masjid sudah terlihat akan mengumandangkan adzan Isya. Jadi karena sudah tanggung, kenapa kita tidak sekalian saja solat tarawih berjamaah... walaupun belum makan malam tidak apa-apa lah... masih cukup kenyang juga kok dengan es krim nitrogen di waktu Maghrib tadi, hehehe... hmmm boleh juga lah... akhirnya Kami bertiga melanjutkan dengan solat Isya dan berniat ingin melakukan solat tarawih berjamaah.

Ternyata di masjid ini, solat tarawih segera dilakukan setelah soalt Isya berjamaah, waktu menunjukkan pukul 7:25 dan pengurus masjid mengumumkan bahwa Kita akan segera melakukan solat tarawih berjamaah... waahh pas sekali kalau begitu...

Akhirnya Kami pun melaksanakan solat tarawih berjamaah dan waktu menunjukkan pukul 8:05 Kami sudah menyelesaikan solat tarawih berjamaah dengan 11 rakaat, 2 rakaat salam, dan 1 witir. Alhamdulillah...

Selepas solat tarawih Kami-pun melanjutkan wisata kuliner Jakarta Kami, karena perut ternyata terasa sudah cukup lapar dan minta di-isi kembali... Keliling-keliling akhirnya terlihat tempat makan yang cukup menarik dari luar, M*rug*me Udon, yaitu resto kuliner Jepang yang menyediakan berbagai jenis makanan berkuah Jepang yang disebut Udon, biasanya disajikan dengan mie besar bulat, daging, ikan, udang, atau ayam, dan daun bawang. Kebetulan, sahabat saya yang lain juga setuju, mungkin karena mereka sudah kelaparan jadi tidak mau terlalu banyak memilih juga yah, hehehe...

Akhirnya Kami, masuk kedalam antrian yang tidak terlalu panjang, dan memesan dengan cara mengambil tray di samping resto tersebut dan memesan menu utama mereka yaitu berbagai jenis pilihan udon... Saya pun memilih Niku Udon, Mie kuah dengan daging sapi tipis.

Dan bergeser kesamping lagi tersedia berbagai pilihan gorengan tepung ala tempura, bahkan semua gorengan terlihat dilapisi dengan tepung yang sama, yaitu tepung tempura. Mungkin di Jepang, tukang gorengan seperti ini yah :D. Sayangnya saya tidak bisa menemukan pisang goreng disana, hehehe... favorit saya pisgor ;)

Pilihan gorengan-pun bermacam-macam, ada brokoli goreng tepung, telur bulat goreng tepung, udang goreng tepung, tahu, bakso, atau otak-otak goreng tepung juga ada, komplit deh pokoknya hehehe... Di bagian kotak tempat gorengan itu juga masing-masing sudah diberi label nama dan harga per potong-nya... jadi kita dapat kira-kira, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk menyantap gorengan-gorengan tersbut.

Wisata Kuliner Jakarta Niku Udon at Marugame Udon Gandaria City

Harga Udon satu porsi berkisar antara Rp 30.000 - Rp 60.000, dan harga gorengan juga bervariasi antara Rp 5.000 - 15.000. Dan diujung antrian terdapat kasir yang akan menghitung total belanja kita, dan disitu pula tempat kita memesan minuman. Dan setelah membayar, Kita dapat mengambil peralatan makan kita sendiri yang sesuai di meja kecil disebelah kounter, misalnya sumpit dan sendok sup. Disana disediakan juga saus kecap asi, wijen, jahe iris tipis, dan wadah kecil untuk saus tersebut.

Wisata Kuliner Jakarta Marugame Udon GanCit

Pilihan tempat duduk ada yang di pinggir railing Mall, sehingga sambil menyantap makanan, Anda dapat menikmati pemadangan mall... orang-orang berlalulalang di sekitar dan lantai dibawah Anda juga dapat terlihat. Sedangkan jika memilih untuk menyantap di dalam, Anda disajikan dengan ruangan separuh terbuka dengan tema Jepang tradisional, dengan ember kayu dan kimono. Pilihan Kami serahkan kepada Anda masing-masing lebih suka dalam suasanan yang mana... ;D

Setelah selesai makan malam, waktu-pun ternyata sudah menunjukkan pukul 9:30, dan seperti biasa, penyakit kantuk berat datang setelah sudah kenyang, hehehe... Jadi agar tidak mengantuk dalam perjalanan, Kami ingin berkeliling mall dulu melihat-lihat toko-toko yang sudah ditutup dengan tirai besi :P, hanya satu tempat yang masih kelihatan ramai, yaitu Teater Bioskop. Kami-pun melihat-lihat juga sebentar film apa saja yang sedang diputar, mungkin ada yang ingin menonton dan bersantai setelah makan malam... Tetapi tidak ada film yang menarik perhatian Kami... jadi akhirnya Kami putuskan untuk menutup acara buka puasa bersama kali ini, semua juga terlihat sudah puas dan ingin cepat-cepat pergi ke Pulau Kapuk Impian :D

Sampai berjumpa lagi sahabat-sahabat-ku di bukber berikutnya :D Senang sekali kita bisa berkumpul lagi, bernostalgia seperti ini.



Eat and Travel with BBlog Competition

berpartisipasi dalam "EAT and Travel With B Blog" Competition [3]

Brain Azheeq

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

2 comments:

  1. kerennnnnnn om santos :D

    ReplyDelete
  2. makasih om ari, kita kapan neh bukbernya hehehe...:D

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015